Saturday 3 September 2016

Mencermati Jalur Sutra Maritim Abad 21 China

Jalur Sutra Maritim China
Pecaya ataukah tidak, China kini tengah memperispkan diri untuk menjadi negara imperium dunia. Situasi lesunya perekonomian dunia akibat situasi batas yang sudah tidak menentu membuat China berani tampil dengan proposal "Jalur Sutra Maritim Dunia Baru Abad 21". Dengan skema one belt one road, negara yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping sukses mendatangkan sejumlah investor dunia, termasuk negara-negara Eropa berinvestasi dalam proyek tersebut.

Tetapi, Indonesia sebagai negara besar, punya jalur maritim terbesar malah justru dijadikan sasaran program Jalur Sutra China, bukan malah membuat terobosan baru guna menandinginya. Visi Poros Maritim Dunia yang digagas Presiden Joko Widodo dan timnya di pemerintahan justru menyusu ke China, masuk ke dalam skema yang telah dirancang China secara matang, terutama dari sisi ekonomi.

Kita kini tinggal berharap, agar jangan sampai keterlibatan Indonesia dalam agenda besar China tersebut membuat posisi pertahanan negara ini lemah.

Simak sejumlah artikel berikut yang sekiranya dapat dijadikan sebagai rujukan guna membaca kepentingan besar China di balik program Jalur Sutra.

1. Mencermati Jalur Sutera Maritim Abad 21

2. Mewaspadai Proyek Jalur Sutra Maritim

3. Geopolitik Indonesia di Mata China

4. Apa Titik Fokus Visi Poros Maritim Dunia?

Jika anda mencermati sejumlah artikel di atas, maka anda akan mulai tahu apa maksud Xi Jinping mendeklarasikan program Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Gedung DPR RI pada 2013 silam. Peristiwa ini sebetulnya sangat besar tetapi dianggap biasa-biasa saja oleh masyarakat Indonesia kebanyakan. Bahkan media-media pun hanya sedikit mengulasnya apa agenda di balik semua itu. Media-media hanya memberitakan secara seremonial formal belaka, tetapi tak begitu antusias menjabarkannya agar publik tahu. (eriec dieda)
Disqus Comments