Friday, 26 October 2012

Iklan Bisnis

Iklan Bisnis

Berapa banyak pakar berbicara mengenai kesuksesan mereka dalam dunia bisnis. Kesuksesan mereka dijadikan suatu acuan atau referensi bagi kebanyakan orang yang akan terjun ke dunia jasa. Kesuksesan para pebisnis dilalui dengan cara dan metode yang berbeda-beda antara satu sama lainnya. Sehingga menimbulkan perbedaan-perbedaan subjektif cara atau strategi untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Meski begitu, perbedaan-perbedaan tersebut justru menciptakan inovasi tersendiri. Artinya, bahwa peluang untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis sangat terbuka lebar bagi siapa saja. Kesuksean umumnya diterjemahkan sebagai keuntungan finasial hasil dari bisnis yang digeluti. Adapun meninggalkan rasa kepuasan bagi konsumen terhadap bisnis merupakan kesuksesan lain buah dari suatu proses pelayanan bernilai spiritual. Dan ini adalah salah satu strategi.

Banyak faktor yang membuat bisnis mencapai kesuksesan. Tempat, waktu, keberanian, kreatifitas serta hal-hal lainnya merupakan faktor penting sebagai penentu keberhasilan bisnis. Faktor-faktor tersebut melahirkan berbagai macam strategi yang pastinya berbeda-beda pula sesuai dengan peluang serta konteks atau realitas yang sedang berkembang. Di sinilah dituntut kejelian untuk membaca peluang secara kreatif dan aktif.

Strategi bisa dikatakan hal yang sangat vital dalam berbisnis. Sebab strategi adalah sebuah pengetahuan, disebut sebagai ilmu perencanaan bagaimana menggerakan bisnis ke posisi paling mengutungkan. Mengacu pada sebuah buku berjudul Trout On Strategy, karangan Jack Trout menuliskan bahwa inti dari strategi adalah bertahan hidup, persepsi, menjadi berbeda, persaingan, sepesialisasi, kesederhanaan, kepemimpinan dan realitas.

Satu point yang perlu kiranya digaris bawahi dari beberapa hal di atas. Mengenai persepsi. Mengapa hanya persepsi yang ingin penulis bahas adalah untuk menyesuaikan dengan judul tulisan di atas karena persepsi berkaitan dengan komunikasi salah satu faktor keunggulan dalam bersaing di dunia jasa. Iklan bisa dilakukan dengan bahasa verbal maupun non-verbal. Iklan yang menggunakan bahasa verbal umumnya dilakukan melalui media elektronik, televisi dan radio. Sedang iklan berbahasa non-verbal bisa melalui media massa, pamflet, leflet ataupun baleho.

Periklanan merupakan bentuk komunikasi kepada konsumen. Komunikasi untuk keperluan menarik hati para konsumen agar membeli produk yang sedang dipromosikan. Keberhasilan berbisnis tergantung seberapa baiknya Anda menggunakan bahasa (komuniksi) dalam beriklan dan sangat menentukan. Sebab, tak jarang beberapa bahasa periklanan yang kadang membuat para konsumen tidak mengerti maksudnya. Ataupun iklan-iklan produk yang lebih suka menggunakan bahasa asing ketimbang bahasa sendiri sementara target pasar adalah masyarakat umum. Bagi masyarakat awam tentunya bagian dari terget pasar sebuah iklan produk relatif asing dan bisa dikatakan tidak begitu paham mencerna bahasa asing (Inggris) tersebut, sehingga pada akhirnya pesan promosi tak tersampaikan serta tidak mampu menyentuh hati dan pikiran mereka oleh ketidakmengertian.

Konsep atau strategi positioning sebenarnya menawarkan cara sederhana dalam periklanan. Karena sesungguhnya strategi positioning merupakan strategi komunikasi. Di mana positioning menganjurkan agar melakukan sesuatu terhadap pikiran calon konsumen dengan menempatkan produk melalui iklan pada pikiran para konsumen (pasar).

Saban harinya, betapa kita disuguhkan dengan iklan-iklan yang menohok di sepanjang jalan. Mulai dari bentuk minimalis hingga dalam ukuran raksasa iklan terpampang jelas di setiap sudut kota pengganti pohon. Namun sayang, pohon bernama iklan tersebut tidak cukup membuat sebagian masyarakat tertarik terhadap produk yang diiklankan. Baleho iklan sebesar apapun ternyata tidak mampu memberikan daya tarik kuat menggantikan pohon yang daunnya bergoyang oleh semilir angin. Pohon berdaun memberikan daya tarik tersendiri karena indah dipandang mata, menyejukkan sekaligus meneduhkan. Sementara pohon baleho iklan seakan tak mampu menyuguhkan daya tarik, baik dalam bahasa sampai pada kemasannya yang terkadang sangat mencolok.

Oleh sebab itulah, sekirananya sangat diperlukan menyuguhkan kemasan lebih menarik pada sebuah iklan berlandaskan kesederhanaan. John Sculley, mantan Chairman Apple Computer mengatakan bahwa kesederhanaan adalah kecanggihan terhebat. Artinya, bahwa menyuguhkan bentuk iklan sesederhana mungkin merupakan satu strategi dalam rangka menggapai kesuksesan serta keberhasilan bisnis Anda. Dengan demikian berarti Anda telah berupaya untuk menciptakan terget pasar sendiri oleh berbedanya suguhan iklan produk di tengah semakin ketatnya daya saing dalam dunia bisnis saat ini.
Disqus Comments